Searching...
Monday, 24 October 2011

Pemandian Air Panas 'Nganget'

Di Kabupaten Tuban ini, ada beberapa sumber air panas yang saat ini telah di bangun sedemikian rupa agar semua orang dapat menikmatinya dengan nyaman. Salah satunya adalah pemandian Prataan yang ada di kecamatan Parengan yang mungkin kalian para pembaca sudah mengenalinya dan pernah pergi kesana, namun sekarang saya tidak mengulas tentang pemandian Prataan, melainkan Pemandian Nganget yang ada di Kecamatan Bangilan, tepatnya di Dusun Mojo, Desa Sidorejo.

Naahh.. mungkin pemandian air hangat yang satu ini belum telalu terkenal (atau sudah?) dikalangan orang-orang luar kecamatan kami. Tapi banyak orang dari luar kecamatan kami yang singgah ke Nganget untuk membuktikan, apakah benar dapat menyembuhkan  beberapa penyakit yang mungkin mahal untuk disembuhkan. Apakah benar? Kalian para pembaca boleh percaya boleh tidak, karena ini sugesti, so that's up to you. Tapi ada sebuah cerita yang pernah ku dengar dari sesorang yang kalo pemandian air panas ini dapat menyembuhkan penyakit 'stroke'. Wooww.. Ini bisa juga masuk akal karena menurut penelitian sumber air panas ini mengandung belerang yang menyehatkan bagi kulit (sok tau). pertama kali saya mengunjungi tempat ini, yaitu bersama temen-temen LBIC yaitu Mbak Dewi, Mas Budi, Afad, Ayu (terus siapa lagi ya? lupa aku). Sudah lama sekali, rada lupa-lupa ingat. Oh iya, ada cerita bagus di sini. Pas kita sudah sampai di depan pintu gerbangnya dan telah melewati rintangan-rintangan yang menanjak (jiaah), kita berhenti sejenak untuk melepas lelah. Lha pas mau masuk, kita di stop sama penjaga disitu dan disuruh bayar parkir dulu. *LHAA?*. Kita semua bingung, kita semua ngga bawa uang karena kata tetangga-tetanggaku yang sudah pernah kesana, kita disuruh ngga usah bawa apa apa, tinggal nyebur aja terus pulang. *Haduuhh haduuhh*. Tapi untung aja petugasnya baik hati. Kita disuruh memarkinkan sepeda nya di samping pak petugas yang sedang jaga. Huuhh.. Syukurlah, ada orang yang berbaik hati mau menolong kita.. Alhamdulillah yaa..

Sebelum Direnovasi
Akhirnya kita masuk, dan segera menjeburkan diri ke dalam air yang mendidih. Hhuuuu.. Di tempat itu, aku melihat Pak RT juga beberapa tetangga ku ada di sana dan sedang berendam di air yang mungkin bagi ku itu sangat panas. Ternyata benar, panas banget airnya. Aku dan teman-temanku yang lain belum berani menjeburkan seluruh tubuh kedalam air. Perlahan lahan, tapi akhirnya kerendam semua nih.. Huuuu.. Rasanya kayak dipijit pijit nih badan.. Nyaamaaann Banget dah pokoknya.. Hihihihii..
Sesudah kita memuaskan diri untuk merasakan berendam di Nganget, kita bergegas untuk meninggalkan tempat itu, dan segera pulang.

Ini ada beberapa tips untuk pembaca yang mau kesana.
1. Berangkat lah lebih pagi, sekitar jam setengah 6 atau jam 6, karena airnya masih bening, dan juga masih jarang pengunjung yang datang.
2. Makanlah sesuatu yang berguna bagi tubuh sebelum merendamkan diri di air yang panas itu supaya ketika berendam tidak merasa kan pusing atau mual.
3. Jangan lupa bawa uang untuk parkir dan anda juga bisa beli makanan di sana.

Naahh.. Sekian dulu yaahh.. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. =)

3 comments:

  1. Aku suka tips yng kedua ^__^

    Iya, kadang lupa makan jadinya langsung mual begiu kena belerang terlalu lama

    ReplyDelete
  2. Iya mbak.. aku juga pernah ngalamin soalnya.. :)

    ReplyDelete
  3. btw, aku belum pnh k nganget lagi setalah bertahun2 silam ^^.... ayo2 liburan ke nganget rame2!!

    ReplyDelete

 
Back to top!