Searching...
Thursday 27 October 2011
18:43

Bioluminesensi

Tau Film Avatar? Yang di sutradarai James Cameron itu lohh.. Pasti para pembaca sudah nonton film yang satu ini kan? Oh iya, sudah baca yang Chapter 2. Hutan Bennezard : Sungai Yang Bercahaya ?
Nahh.. kali ini saya tidak mengulas tentang Film Avatar atau pun cerpen Hutan Bennezard, melainkan Bioluminesensi.

Sudah tau Bioluminesensi? Apa itu Bioluminesensi?
Bioluminesensi adalah emisi cahaya yang dihasilkan makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Tau kunang-kunang kan? Itu adalah salah satu contoh dari Bioluminesensi. Kunang-kunang dalam Bahasa Inggris berarti 'Firefly',

Fire = Api, Fly = Terbang, Jika dirangkai menjadi sebuah kalimat, 'api yang terbang'. Pernahkah kamu berpikir kalau kunang-kunang itu panas ketika di pegang? Firefly hanyalah sebuah nama, sebenarnya serangga ini termasuk serangga yang sangat dingin. Peru kunang-kunang itu transparan, ada sel kristal atau semacam zat kimia di dalam perutnya yang akan diproses atau dirusak oleh enzim. Beberapa energi dikeluarkan dengan bentuk cahaya. Namun, cahaya ini tidak menyimpan panas. Cahaya ini dingin.
Cahaya ini juga berfungsi untuk mengirim sinyal ke lawan jenis dan menggunakanny untuk perkawinan.

Oh iya, tadi sempet nyinggung film Avatar juga yaa..
Ya, di dalam film ini, ada sebuah hutan yang disebut dengan hutan Pandora. Jika kegelapan tiba, semua yang ada di dalam hutan ini akan memancarkan cahaya seperti Bioluminesensi.



Mau tau lebih lengkapnya?

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!